Pesisir Kebumen Disinggahi Hiu Raksasa


KEBUMEN, suaramerdeka.com – Seekor hiu totol sepanjang 5 meter ditemukan warga di pesisir pantai di Kebumen persisnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring sekitar pukul 02.00.
Suratin (45) warga Desa Sidoharjo menuturkan ikan hiu yang terdampar memiliki panjang 5 meter, lebar badan 1 meter dan tinggi 1 meter. Hiu tersebut berwarna hitam abu-abu dengan totol-totol putih di sekujur tubuh. Saat ditemukan, hiu tersebut masih hidup, tapi kondisinya sudah lemah dengan luka di bagian mulut dan ekor.
"Ukurannya sebesar lima ekor sapi betina dewasa," ujar guru di SD Negeri Arjowinangun Puring itu kepada Suara Merdeka, Minggu (27/11).
Ikan rakasasa tersebut akhirnya dipotong-potong oleh warga sekitar untuk diambil dagingnya.
Suratin yang ke lokasi bersama empat orang warga lain menambahkan, kulit ikan sangat tebal hingga 7 cm sehingga tidak mempan digolok. Tubuh ikan itu kemudian dipotong sepanjang 1 meter dari bagian ekor dengan memakai gergaji. Setelah itu baru dagingnya dipotong-potong pakai golok.
Dari potongan badan sepanjang 1 meter itu, Suratin mengaku bisa mendapatkan daging 1 kwintal. "Tangan saya sampai linu karena harus mengiris kulit ikan yang keras," katanya.
Tidak beberapa lama, terdamparnya ikan raksasa membuat warga berbondong-bondong ke pantai. Saat masih pagi buta, puluhan warga datang dengan membawa berbagai macam senjata memotong bagian tubuh ikan yang masih tersisa. Saat pagi menjelang, tubuh ikan itu hanya tersisa bagian kepala dan ekor belakang beserta sirip. Ombak kemudian membawa potongan tubuh ikan malang itu kembali ke laut.
( Supriyanto / CN32 / JBSM )

0 komentar: