Riset Pasar Menggunakan Google Insight
Anda ingin mencari peluang bisnis apa yang paling potensial di bulan Ramadhan ? Tentunya sebelum memulai bisnis, seseorang harus mengawalinya dengan melakukan riset pasar,
sesederhana apapun tetap harus riset dulu. Secara umum riset pasar
sering dilakukan dengan melakukan survey keliling di Mall - mall dan
pasar , menanyakan para responder, mencatat hasil dan menganalisanya.
Butuh kesabaran dan pengorbanan waktu, tenaga dan biaya.
Saat
ini anda dapat melakukan survey pasar cukup dari Laptop di meja anda.
Google telah menyediakan layanan survey pasar secara online. dalam hal
ini menggunakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google,
yaitu Google Insight. Google Insights for Search merupakan sebuah layanan dari Google yang dapat membantu kita untuk mencari sebuah keyword atau kata kunci dari semua hasil pencarian di seluruh di seluruh dunia atau kawasan tertentu pada mesin pencari Google.
Kita dapat mengetahui kata kunci berdasarkan
Kategori, Daerah dan rentang Waktu. Adapun kata kunci yang dicari
bisa mencakup nama website, informasi, maupun produk. Hasil pencarian yang terlihat menunjukkan tingkat grafik dari kata kunci yang dicari ataupun yang sedang populer dicari orang pada mesin pencari Google.
Berikut ini cara riset pasar menggunakan Google Insights. Pertama, ketik alamat URL berikut : www.google.com/insights/search/
Misalnya di bulan Ramadhan anda ingin melakukan riset pasar tentang Shopping
di seluruh kawasan Indonesia dalam 30 hari terakhir. Keyword apa yang
terbanyak dicari orang di Google. Maka akan muncul tampilan berikut ini :
Setelah entry dimasukkan, tekan Penelusuran
Maka muncul tampilan berikut ..
Dalam grafik yang tampil tersebut ternyata keyword terbanyak yang tengah dicari saat ini adalah Baju. Artinya apa ? Artinya bahwa selama bulan Ramadhan ini kata kunci Baju banyak di cari orang di Google. Ini adalah suatu peluang bisnis yang potensial bagi anda yang ingin bisnis selama kurun waktu 30 hari seputaran bulan Ramadhan. Selanjutnya kita ingin tahu Baju apa yang paling banyak dicari ?
Rubah lagi kategori penelusuran dengan mengetikkan kata Baju.
Lakukan kembali Penelusuran...
maka muncul data Bar ( dibawah Grafik ) :
Ternyata kata kunci pencarian terbanyak adalah :
1. baju muslim
2. model baju
3. model
4. baju 2012
dst....dengan
wilayah pencarian terbanyak Kalimantan Timur, diiringi wilayah lainnya
di Indonesia dan pencarian melejit ( grafik pencariannya meningkat
tajam ) selama Ramadhan ialah :
1. baju lebaran
2. baju lebaran 2012
3. baju koko
dst...
Nah, anda sudah tahukan caranya survey pasar menggunakan Google Insights. Mudah bukan ?
Mungkin
muncul pertanyaan,apakah sama keyword pencarian dengan produk nyata
yang banyak dicari orang di dunia 'offline' ? Jawabanya, sama. Karena di
era internet saat ini hampir tidak ada beda antara pencarian 'off line' maupun 'online'.
Bukankah ketika butuh atau mencari sesuatu, sebelum mencarinya ke
pasar, orang akan mencari tahu dahulu di internet ( Search engine maupun
Jejaring sosial ), baik harga, mutu dan spesifikasi serta penjualnya.
Selamat melakukan survey pasar dari Laptop di meja anda !
|
0 komentar: