Samsung Bikin Layanan sCloud


Penulis: Woro Ari P   
Aecdda1d16029b8d9b61d38daff917besCloud
Layanan penyimpanan data berbasis awan (cloud) tampaknya makin membooming. Bisa kita lihat fenomena Dropbox dan iCloud. Bahkan Google pun sudah menyiapkan layanan serupa, Google Drive. Dan, kini tampaknya akan diikuti oleh Samsung.

Berdasarkan informasi dari website teknologi asal Korea, MK, Samsung disebutkan sedang menyiapkan layanan penyimpanan awan, yang kemungkinan bakal disebut sebagai S-Cloud. Pada intinya S-Cloud mirip dengan iCloud milik Apple, namun dikabarkan akan menawarkan fitur lebih banyak.

Pada tahap awal S-Cloud tak akan membatasi jumlah, kapasitas file-file yang akan diunggah. Itu berarti akan mirip dengan dropbox dan layanan suguhan Google nantinya, Google Drive. Di sini pun bakal disediakan akses layanan ke film, acara TV populer dan musik.

S-Cloud pun disebutkan bakal hadir dalam dua versi layanan yakni gratis dan berbayar, yang bervariasi untuk tiap produk Samsung. Misalnya tablet dan notebook. Lebih jauh lagi, nantinya S-Cloud bakal menawarkan kapasitas penyimpanan kepada penggunanya untuk lebih dari 5 GB. Samsung tak sendirian, dimana urusan operasi S-Cloud, terutama di sisi server akan dikerjakan bersama Microsoft.

Kabar beredar menyebut bahwa benar tidaknya isu ini akan terkuak pada 3 Mei mendatang di London-Inggris, dimana bersamaan dengan acara Samsung untuk memperkenalkan smartphone Android terbarunya. (Wr)

0 komentar: