Cara Membagi Postingan Blog Menjadi Dua Kolom



Saat kita menjalankan aktifitas blogging terutama bagian menulis, kita kadang merasa bosan dengan tampilan tulisan kita yang hanya begitu-begitu saja. Tampilannya hanya satu kolom dan tidak ada sesuatu hal yang rasanya membuat “greget” bagi mata untuk memandang. Karena itu, pasti suatu waktu pernah terlintas di benak kita untuk memodifikasi tampilan tulisan tersebut agar tampil lebih attraktif dan menarik untuk dibaca bukan? Kita ingin sedikit memodifikasi tampilan postingan tersebut agar tampil agak begini, begitu, dsb.


Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membagi postingan blog menjadi dua kolom atau bagian. Dengan begitu, postingan kita akan tampil sedikit lebih menarik karena beda dari biasanya. Hal ini juga diperlukan kalau kita membutuhkan sebuah tulisan yang memiliki tampilan dua kolom untuk lebih mendukung sasaran dari penulisan tersebut. Misalnya tulisan tentang perbandingan dua hal yang berbeda, paparan tentang dua kesamaan hal yang sebelumnya kita pikir berbeda, dsb.

Bagaimana cara membuatnya?

Sebenarnya cara untuk membuatnya terbilang cukup mudah. Kita tidak perlu melakukan edit HTML di bagian template blognya. Akan tetapi, kita perlu melakukan sedikit penyesuaian ketika menyusun postingan yang akan kita publikasikan. Saat menulis postingan, jangan menulis pada bagian Compose, tetapi menulis di bagian edit HTML untuk memasukan kode pembagi tulisan yang ingin kita tampilkan menjadi dua bagian atau kolom.

Masukan kode HTML di bawah ini ke dalam bagian kotak edit HTML saat kita menulis postingan.

<table cellpadding="10" cellspacing="10"><tbody>
<tr> <td align="justify" valign="top" width="250"> tulisan yang akan muncul di bagian kiri</td><td align="justify" valign="top" width="250"> tulisan yang akan muncul di bagian kanan</td> </tr>
</tbody></table>

Contohnya adalah sebagai berikut ;

Aktifitas posting.
Aturlah aktifitas posting secara teratur agar pengunjung kita lebih senang dalam mengunjungi blog kita. Hal ini penting karena setiap pengunjung selalu ingin mendapatkan perkembangan informasi terbaru dalam blog kita. Jika blog kita jarang diupdate, ini akan memberikan suggesti negatif bagi para pengunjung yang menganggao jika blog kita tidak terawat dan membuat pengunjung merasa enggan untuk mengunjunginya lagi. Jadi, sebelum banyak pengunjung kita yang lari, maka lakukanlah beberapa langkah perbaikan. Apa saja? Misalnya adalah dengan rajin memberikan postingan paling tidak minimal tiga hari sekali agar blog kita selalu terjaga eksistensinya di mata pengunjung dan selalu up to date.
Berikan postingan yang berkualitas.
Yup, ingat dan selalu ingatlah jika content is the king! Jika konten postingan dalam blog kitalah yang menentukan segalanya. Postingan adalah nyawa dari blog kita. Jika pengunjung untuk pertama kalinya melihat postingan kita dan langsung kagum dengan kualitasnya, maka akan membuat mereka merasa tertarik untuk mengunjungi, mengunjungi, dan selalu mengunjungi blog kita setiap hari. Akan tetapi, coba kita bayangkan jika blog kita memiliki kualitas postingan yang rendah apalagi hasil dari copas, tentunya hal ini akan membuat pengunjung menjadi tidak kerasan dan mendatangi blog kita untuk hanya sekedar mampir dan tidak akan lagi mau datang ke blog kita. Wah, begitu vital bukan peranan dari sebuah kualitas postingan dalam blog kita. Maka dari itu, mulailah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas postingan dalam blog kita dengan mencari banyak referensi, pendapat ahli, dan saran dari pihak yang berkompeten terhadap suatu bidang tertentu yang sedang kita tulis.

Keterangan :
  • Cellpadding merupakan jarak antara tepi kolom dengan tulisan.
  • Cellspacing merupakan jarak pemisah antara dua kolom.
  • Width merupakan ukuran lebar masing-masing kolom.
  • Align digunakan sebagai perintah untuk meratakan tulisan. Pilih lah justify untuk rata kanan kiri, left untuk rata kiri, right untuk rata kanan, dan center untuk rata tengah.
  • Valign merupakan perataan verikal. Di mana top untuk rata atas, bottom untuk rata bawah dan middle untuk rata tengah.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya?
Ada yang sudah pernah mempraktikannya? Kalau belum, yuk kita mulai mencobanya sekarang. Karena dengan begitu, postingan dalam blog kita akan tampil sedikit lebih menarik dan akan mengundang lebih banyak lagi pengunjung untuk membacanya.

Kalau ada yang ingin bertanya atau menanggapi silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan! Mari kita saling berbagi kebaikan yang bermanfaat.
Salam blogger!

0 komentar: