Cara Melindungi Data Berharga Smartphone Anda


kaspersky mobile securityBagaimana cara melindungi data dalam Smartphone? Bagi sebagian orang mungkin pertanyaan ini biasa saja. Tetapi untuk orang tertentu misalnya pebisnis yang sering menggunakannya, ini adalah hal sangat penting. Data adalah harta berharga yang harus dilindungi. Selain momok shelling out, berapa ratus ribu harus dikeluarkan untuk menggantikan smartphone yang hilang. Yang mengesalkan adalah Anda akan kehilangan semua data kontak Anda, jadwal dan agenda, password Anda dan oh yeah, foto-foto Anda pasti ada didalamnya.

Setidaknya ketika smartphone hilang kita masih bisa berdoa untuk menemukannya kembali, tetapi jika sudah jatuh ke tangan yang salah, semua informasi pribadi Anda tidak hanya akan dilupakan tetapi itu bisa diuangkan dan lebih para lagi bisa mereka gunakan untuk mengobok-obok harta Anda yang lain. Hilangnya smartphone tidak akan terlalu buruk jika berakhir dengan hanya sedikit malu. Tetapi bagaimana kejadiannya sepert yang diduga Ariel dan Luna Maya atau Ariel dan Cut Tari ?

Cara Perlindungan Data Smartphone

Kaspersky Mobile Security ($ 30), saat ini tersedia hanya untuk Windows Mobile dan ponsel Symbian, dapat mengunci telepon yang dicuri, mencegah pencari dengan membuat panggilan atau mengakses data, tetapi juga dapat membantu Anda melacak handset, menghapus semua data telepon, dan memberitahu Anda jika seseorang melakukan perubahan kartu SIM telepon.

McAfee juga melihat peluang perlindungan ponsel, sehingga baru-baru ini mengakuisisi TenCube, buatan Singapura yang berbasis WaveSecure software perlindungan smartphone. Seperti aplikasi Kaspersky, WaveSecure dapat melacak, mengunci data sebuah smartphone yang dicuri/hilang dan mendeteksi perubahan kartu SIM. Setelah telepon terkunci, pesan tetap menginformasikan pemilik penemu dan bagaimana mengembalikan handset, tetap ada pada layar. WaveSecure tersedia untuk Windows Mobile, BlackBerry, Symbian dan smartphone Android.

Apa lagi yang bisa dilakukan untuk melindungi data ponsel?
  1. Jangan menyimpan informasi sensitif dalam bentuk yang mudah dibaca.
  2. Jika Anda menggunakan password untuk mengenkripsi atau mengunci data ponsel Anda, jangan lupa password tersebut. Program perlindungan data tidak memiliki “back door” dan jika password hilang maka satu-satunya jalan yang akan Anda miliki adalah mengatur ulang telepon Anda, artinya menghapus semua data.
  3. Back up data ponsel Anda menggunakan operator layanan Web atau sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda memasukkannya kedalam komputer. Langkah ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan kecepatan sampai dengan penggantian handset Anda dengan cepat.
  4. Untuk mencegah pencurian, waspadai sekeliling Anda. Jangan menelepon sambil jalan di jalan raya, jangan letakkan diatas meja ketika Anda makan-minum di Mall atau tempat umum lain.
  5. Asuransi telepon Cell adalah hal yang baik, tapi hanya menggantikan perangkat keras, bukan data Anda.Singkatnya, perlakukan ponsel Anda sebagai teman dekat Anda, karena dengan begitu hidup Anda ada di dalamnya.
Catatan ; disini saya sediakan :
  1. WaveSecurity untuk Android, silakan Anda coba.
  2. Kaspersky Mobile Security untuk Symbian dan Windows Mobile

0 komentar: