TIPS MERAWAT KOMPUTER

      Berikut ini tips2 dari saya untuk pelangan tercinta yang imut2, yang ganteng, yang cantik, yang lagi pd gara2 baru beli komputer,,,ha ha ha...berikut seputar...
.

       1. Defrag hardisk anda sekalian secara berkala(yah kira2 satu bulan sekali lah semalas2nya).
Fungsi dari men-defrag ini anda sekalian adalah untuk mengurutkan file-file hardisk berdasarkan jenis file atau data sehingga komputer anda sekalian tidak berat ketika me-read/write data.

      2. Sebaiknya anda menggunakan screen saver.
nah, bagi anda yang masih menggunakan monitor CRT, sebaiknya anda tuh menggunakan screen saver, karena apa agan2? Monitor CRT itu menggunakan fosfor untuk menampilkan warna, nah kalau monitor menampilkan 1 gambar yang sama secara terus menerus(komputer sedang dalam keadaan diam) maka fosfor tertentu akan selalu mpenyala dan membuat bagian tersebut cepet rusak.

     3. Tempatkan komputer(monitor/CPU) pada ruangan yang memiliki ventilasi cukup, tidak langsung terkena cahaya matahari/ ber-ac sehingga komputer anda tidak cepat panas.

     4. Jangan gunakan fan terlalu banyak.
Banyak org yang beranggapan bahwa menggunakan fan yang banyak dapat menjaga suhu CPU agar tetap stabil. Padahal tidak, fan hanya berfungsi sebagai sirkulator udara, menempatkan fan pada posisi yang tepat tentunya lebih bermanfaat. Law menurut saya agan2, fan yang banyak malah membebani power supply saja. Pilih mother board yang heatshinknya bagus aja(kaya yg saya pake, Giga Byte).

     5. Pakailah UPS atau Stavolt. Law saya gan, saya lebih memilih menggunakan UPS, sebab disesuaikan dengan kondisi Listrik di Indonesi(terutama Bengkulu) yang sering "Jeblok" tiba2.

      6. Bersihkan ryclebin secara rutin(1 minggu 1x) kalau perlu file yang memang tidak akan digunakan lagi sebaiknya langsung dibuang saja agar tidak memenuh2i hardisk saja.

     7. Install antivirus. Pakailaah paling tidak 2 antivirus. 1 untuk virus lokal, 1 virus yang universal. Misal SMADAV(untuk lokal) dan Kaspersky 2011(untuk virus universal). Selalu update antivirus agan2 sekalian.

     8. Jangan sekali2 meletakan speaker active di dekat monitor. karena magnet pada speaker aktiv dapat membuat tabung monitor cepat rusak dan sering terganggu.Waw ati-ati sobat...

     9.Uninstall atau buang program yg tidak berguna, Ruang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

    10. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala. Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

     11. Pasang kabel ground. Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet. Klo bisa kabelnya jangan kena air(hujan)...

(diambil dari berbagai sumber)
Mudah2an tips dari saya berguna bagi anda sekalian.

Jangan lupa comment yaa....

0 komentar: